Penyebab Jantung Bocor

jantung-bocorPenyakit jantung bocor adalah penyakit yang diderita oleh orang yang biasanya memang sudah menjadi bawaan sejak lahir. Dan penyakit tersebut juga sering terjadi pada anak-anak. Anak-anak yang menderita penyakit jantung tersebut memiliki kelainan struktur pada sekat jantung. Sekat jantung tersebut bocor sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik. Kelainan tersebut disebut sebagai bawaan sejak lahir. Dan selama dalam kandungan, bayi memang harus dipantau keadaan jantungnya. Untuk mendeteksi sejak dini jika ada masalah dengan jantungnya.

Kelainan jantung pada bayi yang sedang dikandung tersebut dapat dideteksi lewat normal atau tidaknya detak jantung janin. Orang tua juga harus cepat waspada jika pada saat bayi tersebut lahir dan memiliki gejala seperti mudah sakit, berat badan tidak naik, dan juga gampang lelah. Bisa jadi gejala tersebut adalah gejala penyakit jantung bocor. Penyebab jantung bocor pada bayi ini belum diketahui secara pasti. Namun biasanya pada janin yang berusia sebelum dua bulan tekanan dan tahanan di parunya masih tinggi sehingga tekanan di bilik kanan juga meninggi. Kondisi tersebut menyebabkan tidak adanya perbedaan antara tekanan di bilik kanan maupun di bilik kiri. Dan terjadilah jantung bocor.

Tapi ada juga faktor penyebab jantung bocor yang bisa dijadikan pemicu. Yaitu diantaranya ada faktor lingkungan seperti ibu hamil yang merokok, infeksi pada waktu ibu tersebut sedang hamil, sering makan obat di luar resep yang diberikan dokter, dan faktor turunan. Walaupun penyebab utamanya masih belum diketahui namun tidak ada salahnya jika anda menjaga kesehatan pada saat sedang mengandung. Jika anda perokok, sebaiknya segera menghentikan kebiasaan merokok tersebut demi janin yang dikandung.